Rangkuman Bab Cahaya dan Alat Optik

CAHAYA

Rangkuman Bab Cahaya dan Alat Optik

1.      Sifat-sifat Cahaya
Cahaya mempunyai sifat-sifat sebagai berikut :
a.       Dalam medium yang sama, cahaya merambat lurus.
b.      Jika mengenai permukaan penghalang, cahaya akan dipantulkan.
c.       Cahaya dapat dibiaskan.
Pembiasan cahaya dapat dibiaskan jika cahaya merambat pada medium yang kerapatannya berbeda dan sinar datang tidak tegak lurus. Pembiasan cahaya terjadi karena cahaya mengalami perubahan cepat rambat dan panjang gelombang.
Saat cahaya merambat dari medium yang kurang rapat ke medium yang rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal. Sebaliknya, jika seberkas cahaya merambat dari medium yang rapat ke medium yang kurang rapat, maka cahaya tersebut akan dibiaskan menjauhi garis normal.
d.      Dapat berinterferensi.
e.       Dapat dilenturkan jika melalui celah yang sempit.
f.       Dapat merambat di ruang hampa udara dengan kecepatan 3x10 m/s.
g.      Panjang gelombang cahaya antara 4000-7000 A.
h.      Memiliki energi.

2.      Cermin

Seberkas cahaya akan dipantulkan jika mengenai suatu benda atau dinding penghalang. Cahaya dapat dipantulkan semuanya jika mengenai cermin. Berikut merupakan beberapa pemantulan pada cermin :
a.      Cermin datar
Cermin datar membentuk bayangan yang bersifat maya dan jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermi. Ukuran bayangan sama besar dengan benda, tetapi posisinya berkebalikan.
b.      Cermin cekung
Cermin cekung bersifat mengumpulkan sinar. Sifat bayangan yang terbentuk pada cermin cekung tergantung dari letak atau jarak benda terhadap cermin.
c.       Cermin cembung
Cermin cembut bersifat menyebarkan sinar (divergen). Cermin cembung selalu membentuk bayangan yang bersifat maya, tegak, dan diperkecil.

3.      Lensa

Berikut dua jenis lensa :
a.      Lensa cembung
Lensa cembung bersifat mengumpulkan sinar (kovergen). Titik fokus lensa cembung bernilai positif.
b.      Lensa cekung
Lensa cekung bersifat menyebarkan sinar (divergen). Titik fokus lensa cekung bernilai negative. Pada lensa cekung bernilai negatif. Pada lensa cekung bayangannya maya, tegak, dan diperkecil.

4.      Mata
Mata dapat melihat dengan jelas jika benda terletak dalam jangkauan penglihatan yaitu diantara titik dekat mata dan titik jauh mata.
Berikut merupakan cacat mata :
a.       Cacat mata miopi yaitu bayangan benda jatuh di depan retina. Penderita dapat ditolong dengan kacamata berlensa cekung.
b.      Cacat mata hipermetropi yaitu bayangan jatuh di belakang retina. Penderita cacat mata ini dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa cembung.
c.       Presbiopi yaitu cacat mata usia lanjut (mata tua). Penderita cacat mata ini dapat ditolong dengan kacamata berlensa rangkap.

5.      Lup

Lup merupakan kaca pembesar yang terdiri atas lensa cembung. Mata dapat mengamati sebuah benda dengan menggunakan lup dalam kondisi berakomodasi maksimum, jika benda tersebut diletakkan diantara pusat lensa dan titik fokus. Mata dapat mengamati suatu benda menggunakan lup dalam kondisi tidak berakomodasi atau jika benda diletakkan tepat di fokus. Bayangan yang dibentuk oleh lup bersifat maya, tegak, dan diperbesar.

"IMPORTANT"
Kami akan sangat berterima kasih jika Anda membantu kami dengan cara mencantumkan sumber jika Anda berkehendak untuk mengcopy paste artikel dari blog kami. Dan juga apabila telah tersedia iklan di blog kami, silahkan diklik iklan tersebut sebagai tanda terimakasih.