Transpor Zat Melalui Membran Sel

TRANSPOR MOLEKUL MELALUI MEMBRAN SEL

Masalah kompleks pada makhluk hidup bersel banyak adalah transportasi jarak jauh di dalam tubuhnya dan juga transportasi jarak dekat melalui selaput plasmanya. Gerakan zat melalui membrane terbagi menjadi dua macam, yaitu gerakan aktif dan gerakan pasif. Gerakan aktif membutuhkan energi, contohnya: transport aktif, endositosis, dan eksositosis. Sedangkan gerakan pasif tidak membutuhkan energi., contohnya : difusi dan osmosis.

1.      Difusi
Difusi adalah perpindahan atau gerakan suatu zat dari larutan berkonsentrasi tinggi ke larutan berkonsentrasi rendah. Hal ini terjadi akibat dari energy kinetic molekul-molekul tersebut. Kecepatan difusi dipengaruhi oleh konsentrasi, ukuran molekul, muatan, daya larut partikel-partikel dalam lipid, dan juga suhu.
Transpor Zat Molekul Antar Membran SelZat-zat yang larut dalam lipid, yaitu molekul hidrofobik yang lebih mudah berdifusi melalui membrane. Selain itu, membrane sel juga bersifat bermeabel terhdap molekul-molekul kecil yang tidak bermuatan, dan molekul-molekul kecil ini lebih cepat berdifusi melalui membrane sel dari pada molekul besar.

2.      Osmosis
Transpor Zat Molekul Antar Membran SelOsmosis adalah perpindahan air atau zat pelarut dari larutan hipotonis ke larutan hipertonis melalui membrane semipermeabel. Molekul air lebih banyak pada larutan yang memiliki konsentrasi rendah. Jika larutan dalam sel lebih tinggi dari pada di luar sel, maka air akan masuk ke dalam sel. Jika air masuk terlalu banyak, sel akan mengembung dan mungkin juga akan pecah. Sebaliknya, air akan keluar sel jika larutan di luar sel lebih rendah dari pada larutan di dalam sel.  Jika air banyak keluar, sel akan mengerut dan mungkin juga terjadi pelepasan membrane plasma dari dinding sel, ini biasanya ditemukan pada tumbuhan.

3.      Transpor Aktif
Transport aktif adalah perpindahan molekul-molekul melalui membrane semipermeabel dari tempat berkonsentrasi rendah ke tinggi dengan menggunakan energy ATP dan enzim pengangkut yang terdapat pada membrane plasma.

4.      Endositosis dan Eksositosis
Endositosis dan Eksositosis merupakan transpor yang memerlukan energy. Endositosis merupakan proses masuknya senyawa melalui membran dengan cara membungkus senyawa dan cairan ekstraseluler dengan pelekukan ke dalam sebagian membran. Sedangkan Eksositosis merupakan proses pengeluaran zat dari dalam sel ke luar sel.
Endositosis dapat terjadi pada organisme uniseluler dan sel darah putih. Sedangkan pada Eksositosis dapat terjadi pada beberapa sel kelenjar atau sel sekresi. Beberapa sel dapat memasukkan atau mengeluarkan partikel-partikel padat atau tetes-tetes cairan melalui membrane sel. 

"IMPORTANT"
Kami akan sangat berterima kasih jika Anda membantu kami dengan cara mencantumkan sumber jika Anda berkehendak untuk mengcopy paste artikel dari blog kami. Dan juga apabila telah tersedia iklan di blog kami, silahkan diklik iklan tersebut sebagai tanda terimakasih.