Short Functional And Essay Text

SHORT FUNCTIONAL TEXTS AND ESSAY TEXTS
(Teks Fungsional pendek dan Teks Essay)

Short Functional And Essay Text

1.      Teks Fungsional Pendek (Short Functional Texts)
Teks jenis ini ditulis secara singkat atau pendek. Berikut adalah jenis-jenis teks fungsional pendek :
a.       Notice (Pemberitahuan atau peringatan)
Teks ini berfungsi untuk memberikan informasi, intruksi atau peringatan. Suatu pengumuman atau pernyataan informasi tertulis atau tercetak, sering kali dipasang pada sebuah papan atau dinding, atau diterbitkan pada surat kabar atau majalah (a written or printed announcement or statement of information, often displayed on a board or wall, or published in a newspaper or magazine).
Contoh :

Watch for Pedestrians
b.     Caution (peringatan)
Seperti teks notice, makna atau tujuan dari penulisan teks ini adalah untuk memberingatan informasi atau peringatan.  Caution adalah “carefulness: care, thoughtfulness, and close attention that enable somebody to avoid the risks involved in a task or procedure” atau bisa juga diartikan “warning: a warning to somebody to be careful about something”.
Contoh :
Caution
Broken Road
c.       Short Massage (Pesan singkat)
Yaitu teks yang berbentuk pesan singkat yang biasa kita tulis saat mengirim SMS atau catatan singkat yang biasa diletakkan pada kulkas, dinding, atau papan tulis yang berkaitan dengan berbagai aktivitas atau kejadian.
Contoh :
Winda, it’s 11 p.m now.
Have a nice sleep. Good luck with the math test tomorrow.

Sender
Steve
+6252345555550
d.      Greeting Card
Yaitu teks yang dibuat seseorang untuk memberikan ucapan selamat atas berbagai keberhasilan atau keberuntungan seseorang. Misalnya saat kita mengucapkan selamat kepada teman kita yang telah memenangkan suatu perlombaan. Kita biasa menyebutnya dengan kartu ucapan selamat.
Contoh :
Congratulations, Henry
Ever since Mom and Dad heard about
Your fantastic exam results,
We can’t stop Smilling
e.       Announcement
Yaitu jenis teks yang ditulis untuk memberitahukan sesuatu kepada orang lain. Modelnya sendiri bermacam-macam, tergantung tujuan, dimana dan oleh siapa, serta untuk siapa teks tersebut dibuat. Pengumuman yang dimaksud disini tentu saja bentuk pengumuman tertulis.

f.       Invitation
Teks jenis ini ditulis untuk mengundang orang lain dalam berbagai macam kegiatan. Ada berbagai macam bentuk undangan yaitu undangan informal dan undangan sangat formal.

g.      Letter atau e-mail
Teks jenis ini ditulis untuk berbagai macam tujuan. Bentuknya juga ada informal maupun formal dengan ciri khas tertentu.

h.      Advertisement (iklan)
Tujuan dari penulisan teks ini yaitu untuk mempublikasikan kualitas suatu produk, pelayanan, bisnis, atau event yang bertujuan untuk mendorong orang lain membeli atau menggunakannya.

2.      Essay Texts
Teks jenis ini ditulis secara panjang yang bertujuan untuk menjelaskan sesuatu. Berikut merupakan macam-macam dari Essay Teks :

a.       Descriptive
Teks ini merupakan teks yang digunakan untuk menggambarkan tempat, orang, atau benda tertentu. Teks ini sekilas hampir sama dengan teks report, perbedaannya adalah bahasan teks descriptive lebih fokus, misalnya “my house”. Sementara teks report membahas sesuatu secara umum, misalnya “The house”.
Struktur umum teks ini adalah :
a.       Identification : menjelaskan siapa, di mana atau apa yang sedang dijelaskan.
b.      Description :
Bagian : ukuran, volume, tubuh
Kualitas : standar, superior
Karakter : sifat, perilaku, tindakan.

b.      Recount
Adalah teks yang digunakan untuk menceritakan pengalaman masa lalu yang telah terjadi.
Struktur umum teks ini adalah :
a.       Orientation : pengenalan peristiwa yang memperkenalkan latar dan tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita tersebut.
b.      Events : kejadian yang terjadi dan ditulis secara urut.

c.       Narrative
Adalah teks yang berisi tentang cerita imajinatif atau dongeng yang bertujuan untuk menghibur pembaca dan juga untuk menyampaikan pesan moral. Struktur umum teks ini adalah :
a.       Orientation : pengenalan karakter, waktu, dan tempat terjadinya cerita ataupun peristiwa tersebut.
b.      Complication : masalah-masalah mulai terjadi pada bagian ini.
c.       Resolution : penyelesaian dari masalah-masalah tersebut.
d.      Re-orientation : bagian ini merupakan akhir dari cerita, terkadang juga berisikan resolusi.

d.      Procedure
Adalah teks yang menjelaskan tentang bagaiman sesuatu dilakukan dengan cara menjelaskannya dalam serangkaian tindakan atau langkah-langkah. Teks ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara melakukan, membuat sesuatu, atau menjelaskan bagaimana sesuatu dibuat atau digunakan. Struktur umum teks ini adalah :
a.       Goal : judul dari teks
b.      Material : bersifat optional atau tidak semua jenis teks procedure memiliki bagian ini.
c.       Steps : langkah-langkah yang ditunjukan untuk meraih goal.

e.       Report Text
Adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan serangkaian fakta logis tentang hal atau fenomena alam, benda atau hal buatan manusia, serta fenomena social di sekitar kita. Teks report juga bertujuan untuk mengklafikasi atau menjelaskan sesuatu berdasarkan fakta.



"IMPORTANT"
Kami akan sangat berterima kasih jika Anda membantu kami dengan cara mencantumkan sumber jika Anda berkehendak untuk mengcopy paste artikel dari blog kami. Dan juga apabila telah tersedia iklan di blog kami, silahkan diklik iklan tersebut sebagai tanda terimakasih.